Rabu, 11 November 2015

4 Aplikasi Penebak Judul Lagu

      Untuk postingan kali ini saya akan membagikan tips bagaimana caranya jika kita ingin mencari lagu yang kita dengarkan tetapi tidak tau siapa penyanyinya dan apa judul lagu tersebut. Karena saya pecinta musik dari saya masih SD dan sewaktu kecil hampir setiap hari saya mendengarkan radio sehingga saya cukup update tentang lagu-lagu apa yang paling fresh yang barusaja dirilis. Sehingga pada waktu itu setiap ada lagu baru dan saya belum mengetahui apa judul lagu tersebut dan siapa penyanyinya, saya mempunyai ide untuk merekam lagu tersebut dan berharap saya bisa menemukan lagu tersebut dengan mudah.
       Dengan kata lain saya sudah mencari aplikasi untuk mendeteksi sebuah lagu agar bisa diketahui apa judul dan penyanyi lagu tersebut sejak dulu bahkan sejak belum muncul dan ngetrenya OS android, namun dengan seiring perkembangan jaman yang semakin cepat aplikasi yang selama ini saya cari-cari untuk menebak sebuah lagu muncul juga. langsung saja berikut aplikasi android untuk mengidentifikasi lagu dari suara lagu tersebut.

Shazam

ShazamShazam adalah sebuah aplikasi yang dapat mengenali atau menebak judul lagu yang sedang di putar. Misal kita sedang mendengarkan sebuah lagu kita hanya cukup menekan tombol nya yang bulat dan hanya dengan hitungan detik otomatis aplikasi akan segera dengan cepat mendeeksi lagu tersebut. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Android, dan juga Itunes, ini aplikasi yang saya rekomendasikan untuk dipakai karena cukup lengkap bahkan lagu-lagu dari Indonesia pun bisa terdeteksi walapun dengan pengalaman saya terdapat juga lagu yang tidak dapat terdeteksi itu karena kemungkinan tidak tersedia. Selain itu jika lagu sudah dapat terdeteksi kita lansung bisa membeli dan mengunduh lagu tersebut melalui Itunes.

Link downoad : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.shazam.android

TrackID

Cover artSelanjutnya aplikasi yang tidak kalah canggihnya yang saya reomendasikan sekaligus saya gunakan yaitu TrackID. Pada awalnya aplikasi ini hanya tersedia untuk smartphone Sony karena aplikasi ini adalah milik Sony, sehingga seiring waktu akhirnya aplikasi ini juga tersedia untuk android. Aplikasi ini juga cukup lengkap dari ketersediaan koleksi lagu-lagunya bahkan bisa dibilang lebih lengkap daripada  Shazam, bahkan aplikasi ini juga terdapat Charts atau tangga lagu sesuai negara masing-masing bahkan seluruh dunia, aplikasi ini juga tersedia lebih dari 60 bahasa di seluruh dunia. TrackID juga bisa menangkap trek pada saat pada saat offline, dan akan melanjutkan pencarian pada saat terkoneksi kembali dengan internet, selain itu juga aplikasi ini akan menyimpan riwayat pencarian anda.Link download : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sonyericsson.trackid


SoundHound

Cover art Aplikasi yang lainya yaitu SoundHound. Secara umum fungsinya sama yaitu mengenali lagu, anda juga dapat mencari dengan bernyanyi atau bersenandung pada SoundHound, menjadikannya satu-satunya aplikasi di dunia yang dapat memberikan anda hasil melalui teknologi unik pencarian dengan bernyanyi.

Link download : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.melodis.midomiMusicIdentifier.freemium

Google Ears / Sound Search

  Sound Search for Google Play- tangkapan layar Kali ini ada juga aplikasi dari dari salah satu perusahaan raksasa yaitu Google. Ternyata Google juga tidak mau kalah, Google juga menyediakan layanan untuk mengenali lagu. Keunggulan aplikasi ini yaitu dapat membeli langsung lagu dari Google Play. 

Link download : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.ears

Tidak ada komentar:

Posting Komentar